Rabu, 04 November 2009

PERSALINAN CAESAR PENGARUHI PENCERNAAN

Taukah Ibu menurut penelitian, bayi yang lahir lewat operasi caesar mengalami kekurangan mikrofola di saluran pencernaannya. Mikrofola(bakteri baik) merupakan kelompok bifidobakteria dan lactobacilli yang memegang peranan utama dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Beda kelahiran normal dsn cesar : Pada persalinan normal bayi berpindah dari rahim ibu yang steril ke llingkungan yang penuh ancaman kuman yaitu saat kontak antara bayi dengan bakteri atau mikroflora yang berasal dari vagina dan feses mama serta lingkungan lalu mebentuk koloni di usus si bayi. Sedangkan pada persalinan caesar prosesnya dilakukan diruangan yang sangat steril, bahkan seringkali menggunakan antimikrobial atau antibiotik untuk menghindari infeksi pascaoperasi otomatis tidak terjadi kontak antara bayi dengan mikroflora
akibatnya :
  • laju kolonialisasi bifidobakteria menjadi tertunda
  • pertumbuhan bakteri merugikan (E coli dan Clostridium) tinggi
  • resiko terjadinya penyakit alergi dan infeksi saluran pencernaan akan lebih besar
Lalu adakah cara mencukupinya?
Bila mama terpaksa melahirkan caesar pemberian air susu ibu menjadi mutlak karena dapat meningkatkan mikroflora disaluran pencernaan bayi, dengan begitu kolonisasi bifidobakteria dapat terwujud meskipun terlambat.

Berikut manfaat air susu ibu untuk bayi yang dilahirkan caesar :
  • Air susu ibu memiliki peran signifikan dalam pembentukan mikroflora usus.
  • Kandungan air susu ibu menimbulkan efek bifidogenik, yaitu menciptakan suasana nyaman bagi bakteri menguntungkan agar dapat hidup dan tumbuh subur.
  • Air susu ibu mengandung probiotik yakni bakteri menguntungkan
  • Air susu ibu mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotik (zat makanan yang dikonsumsi oleh probiotik)
*sumber: majalah Parenting*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar