Senin, 02 November 2009

MENGEJAN YANG BENAR SAAT BERSALIN


Taukah Ibu, disaat pembukaan telah lengkap yaitu pembukaan 10, mengejan untuk mendorong bayi keluar dari jalan lahir bila dilakukan dengan tepat maka proses persalinan akan berjalan dengan baik dan lancar. Berikut adalah cara mengejan yang tepat:
  • Posisi : Secara umum adalah berbaring, tekuk lutut, buka kaki, peluk paha dengan kedua tangan dengan cara melingkarkan tangan kebawah paha sampai siku, kemudian tarik paha kearah dada.
  • Dengarkan komando dokter, dokter akan meminta anda menarik nafas dalam, menahannya dengan mulut tertutup, lalu mengejan kearah bawah dengan panggul tetap menempel di atas tempat tidur. Saat mengejan,dagu diletakkan di dada, sehingga anda bisa melihat perut.
  • Ikuti irama perut saat mengejan, jangan menahan sesuatu seperti nafas, tubuh (dengan mengangkat bokong) atau menahan dorongan mengejan itu sendiri (misalnya karena takut fases keluar dari anus), karena membuat proses mengejan tidak maksimal.
  • Bila perut sudah dalam keadaan rileks anda diminta berhenti mengejan dan beristirahat sambil menunggu kontraksi berikutnya.
  • sambil istirahat, lakukan napas panting, yaitu bernapas pendek-pendek lewat mulut.
Bila salah bisa berdampak seperti berikut :
  • Mengejan sebelum pembukaan lengkap dapat memicu pembengkakan atau edema pada mulut rahim. kondisi itu akan mempersulit proses persalinan selanjutnya.
  • Bila mengejan di leher bukan diperut, maka pembuluh darah kecil di mata dapat pecah. Mata anda akan tampak merah setelah bersalin, bahkan terkadang disertai kebutaan sementara.
  • Bila mengejan sambil mengangkat bokong, selain membuat proses mengejan tidak maksimal juga bisa memperparah robekan perineum (daerah antara vagina dengan anus)
*sumber majalah ayahbunda*

6 komentar:

  1. Duuuh vik, gw udah mules duluan nih bacanya :'(
    doain gw semoga nanti bisa melahirkan dengan normal tentunya dengan lancar dan selamat, amiiiinn

    BalasHapus
  2. thanks infonya. istri saya kandungannya sudah 8,5 bulan. jadi mau melahirkan.

    BalasHapus
  3. sippp deh Tks infonya, usia kandungan qu udah mau masuk 36 minggu neh, doain lancar y,,,

    BalasHapus
  4. Jd deg2an ni masih bener2 parno kebayang macem2.semoga sy bs melaluinya dg mudah lancar n berkah amien.doain y insyaallah sebentar lg sy melahirkan. Bismillah

    BalasHapus
  5. makasih,,,,,,,,,,,,,,infonya,,,ni sangattttt membantu aye...yg udah 9 bln,,,mhon doanya,,,semoga lancar,,,,n mudah,,,,n pesen buat temen2 yg mau melahirkan ..."niatkan persalinan ini untuk ibadah"

    BalasHapus
  6. bu, posisi berbaring kan posisi yang paling tidak disarankan untuk ibu yang sedang bersalin karena menutup jalan lahir dan melawan gravitasi.

    BalasHapus